Thursday, March 14, 2013

2 Aturan Wajib Untuk Para Blogger

        Aturan hampir memiliki makna yang sama dengan kata hukum. Jika aturan tidak diindahkan, maka orang yang melanggar aturan tersebut akan mendapat hukuman.
        Segala yang ada di dunia ini baik itu hal yang sangat kecil sekalipun mempunyai tata cara atau aturannya tersendiri. Kita mulai dari contoh yang sangat mudah, misalnya makan. Sadar tidak sadar sebenarnya makan juga mempunyai aturan, aturan itu hampir tidak terasa karena kita semua sudah mentaati aturan tersebut. Aturan makan itu seperti ini.

  • Makan harus dilakukan pada saat perut terasa lapar. Jika Anda makan pada saat perut Anda kenyang maka perut Anda akan overload.
  • Makanan harus dimasukkan ke mulut. Jika Anda masukkan makanan Anda ke hidung, maka hidung Anda lah yang kenyang bukan perut Anda :D (contoh orang kurang waras).
  • Untuk memasukkan makanan ke dalam mulut Anda harus menggunakan tangan, sendok atau alat makan lainnya. Jika Anda memasukkan makan dengan menggunakan kaki, maka Anda adalah orang yang kewarasannya patut dipertanyakan.
Nah begitulah kira kira sebenarnya aturan yang ada dalam proses makan. Tetapi kita tidak merasakan adanya aturan tersebut bukan???. Kasus ini sejalan dengan sebuah pepatah yang berkata "Bisa karena biasa".
Anda mentaati aturan makan tersebut setiap hari dan Anda melakukannya sangat disiplin, akhirnya lama kelamaan hal itu bukan lagi menjadi sebuah aturan, melainkan sudah menjadi sebuah kebiasaan. Hal itulah yang membuat Anda tidak sadar, bahwa sebenarnya aturan makan itu ada.

         Jika makan punya aturan, kita selaku blogger pun juga punya aturan. Ada yang bilang, "Dunia blogger itu kan dunia maya mas ngapain mesti ada aturan, toh semua ini hanya sebuah ketidak nyataan".
Jawab :
         Iya, dunia blogger memang dunia maya. Tapi apakah dunia maya tidak ada sangkut pautnya dengan dunia nyata???. 
Pasti ada. Karena bumi tidak akan tercipta tanpa adanya langit, karena wanita tidak akan tercipta kalau tidak ada pria dan sebenarnya segala sesuatu itu dibuat berpasang pasangan dan di antara keduanya ada sebuah ikatan yang mempengaruhi dua hal tersebut. Begitulah kira kira mengapa adanya dunia maya dan dunia nyata.
        
        2 Aturan yang harus dipatuhi seorang blogger.
  • Menghargai karya orang lain.
        Banyak dikalangan para blogger yang tidak mengindahkan hasil karya cipta orang lain. Misalnya dengan melakukan tindakan plagiarism, auto generated atau copy paste. Copy paste memang tidak dilarang asalkan orang yang melakukan copy paste tersebut menautkan link sumber dari apa yang dia copy paste tadi. Tidak kah Anda berfikir bahwa si Author / penulis asli artikel tersebut sudah susah payah berfikir untuk menghasilkan sebuah karya ciptanya sendiri, tetapi Anda malah seenaknya saja mengambil dan mengklaim artikel tersebut sebagai milik Anda.
  • Menjadi blogger yang  "fair" / tidak curang.
        Kecurangan di dunia blogger sangatlah mudah dilakukan. Misalnya dengan melakukan black hat SEO atau yang lainnya. Dikatakan kecurangan karena hal tersebut dapat merugikan blogger lain, atau menguntungkan pihak pihak tertentu baik itu personal maupun kelompok, atau mengelabuhi pengunjung, atau  hanya sekedar mengelabuhi search engine atau mesin pencari.
        Coba Anda pikirkan, misalkan Anda melakukan kecurangan (khususnya dalam dunia blogging), kemudian dari kecurangan Anda tersebut Anda sudah dapat menghasilkan sesuatu, anggap saja uang.
Nahh, otomatis uang yang Anda dapatkan tadi adalah buah hasil dari kecurangan Anda tadi bukan???
Berarti Anda adalah kawan kawannya para petinggi kita yang sering mencurangi rakyatnya, bukan begitu???
Kemudian uang yang tadi Anda dapatkan Anda gunakan untuk investasi, dan akhirnya uang itu semakin banyak dan Anda dapat gunakan untuk beli barang barang yang ada di rumah Anda, baik itu perabotan, bahan pangan ataupun pakaian Anda dan keluarga Anda.
         Sadar tidak sadar sebenarnya itu adalah sebuah dosa jariyah (kebalikan dari "amal jariyah"), yang kelak akan Anda pertanggung jawabkan di hadapan Allah.

Kesimpulan :
        Jadilah orang yang taat pada aturan, baik itu aturan dunia maupun aturan yang diturunkan oleh Tuhan. Niscaya Anda akan menjadi orang yang selamat.
Semoga kita semua bisa menjadi pribadi pribadi yang taat pada aturan, agar semua hak kita pribadi ataupun kelompok kita dapat terindahkan dan dapat terjaga eksistensinya.
        Cukup sekian dari saya, mohon maaf bila ada banyak kesalah dan kehilafan.

Salam Urap Urap !!!!!

No comments:

Post a Comment

_ Budayakan Bekomentar _

Thanks For Visiting My Simple Blog ^_^